10 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami Yang Perlu Untuk Diketahui

ASI merupakan minuman dan makanan untuk sang bayi. ASI diberikan kepada bayi hingga berumur 6 bulan. Barulah setelah berumur 6 bulan, sang ibu dapat memberikan makanan pendamping untuk ASI. Nah, apakah Anda merupakan salah satu yang tidak dapat memproduksi ASI yang cukup ? Ternyata Anda sudah dapat memperbanyak ASI secara alami. Bagaimana caranya ? Penasaran, berikut paparannya untuk Anda.

1. Melakukan pemijatan pada payudara

Ketika Anda melakukan pemijatan pada payudara dengan tepat dan benar, maka payudara Anda akan dapat meningkatkan produksi ASI dengan baik. pemijatan yang Anda lakukan adalah mulai dari pangkal payudara, lalu di tekan dinding payudara tersebut memakai dua jari, mulai dari jari telunjuk serta jari tengah. Anda dapat melakukan gerkan yang melingkar di bagian luar payudara sekitar 30 detik dan buatlah gerakan memutari payudara sampai menuju puting. Lakukanlah seperti bentuk dari obat nyamuk. Ingat, bahwa Anda melakukannya mulai pangkal menuju puting. Dan bukan sebaliknya.

2. Memompa ASI

Memompa payudara sangat bermanfaat supaya Anda selalu terangsang dalam memproduksi ASI. Secara berkala dan konsisten pompalah ASI di antara waktu menyusui. Anda dapat memompanya masing-masing dalam 10 menit. Untuk itu, Anda juga harus mengetahui produksi ASI dapat meningkat ketika pukul 2 hingga 5 pagi. Untuk itu, pompalah ASI pada jam tersebut jika memungkinkan untuk Anda.

3. Jangan pernah berhenti untuk menyusui

Walaupun Anda telah merasa produksi ASI yang dihasilkan sedikit, tetapi jangan berhenti untuk menyusuinya sekalipun. Ketika Anda terus konsisten dan rajin untuk menyusui, maka hal tersebut dapat merangsang payudara dalam memproduksi ASI. Dan jangan lupa menggunakan kedua payudara tersebut dengan cara bergantian.

4. Menciptakan suasana tenang di saat Anda hendak menyusui

Tentunya bayi begitu sensitif. Hal ini dikarenakan bayi mempunyai indera pendengaran yang begitu matang. Bayi Anda akan sangat terganggu di saat menyusui ketika terdengar suara yang bising. Ketika suasana tenang, maka bayi akan begitu rileks.

5. Biarkan bayi Anda menyusui selama yang ia inginkan

Jangan pernah untuk menghentikan sang bayi yang dalam menyusui. Ketika memang terdapat keadaan yang mendadak, misalnya seperti ada tamu, maka Anda cukup menutupi bayi dengan menggunakan kain, dana Anda dapat menyambut tamu tersebut. Ketika sang bayi telah kenyang, maka ia akan berhenti dengan sendirinya dalam menyusui.

6. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Tahukah Anda bahwa ASI sangatlah penting untuk kesehatan, kecerdasan, hingga kekebalan sang bayi. Maka dari itu, pentingnya sang ibu mengetahui makanan apa saja yang dapat memperbanyak ASI. Ternyata berbagai macam makanan dapat dengan mudah untuk Anda jumpai dalam membuat ASI Anda menjadi berlimpah. Sayangnya, sebagian dari ibu tidak mengetahui makanan yang bisa memproduksi ASI dalam jumlaah yang banyak. Untuk itu, di bawah ini beberapa makanan yang terbukti ampuh digunakan dalam memperbanyak produksi ASI.

Daun Katuk

Cara memperbanyak asi secara alami dengan makanan adalah mengkonsumsi daun katuk. Sejak dahulu, daun katuk sudah dipercaya dapat dipergunakan memperbanyak ASI sang ibu. Tetapi, keberadaan daun katuk saat ini sudah susah untuk ditemukan sehingga banyak dari ibu yang tidak dapat mengkonsumsinya. Rasa dari daun katuk adalah pahit, untuk itu dibutuhkan proses masak yang sesuai dan tepat supaya daun katuk tidak pahit ketika dikonsumsi. Tetapi daun katuk menjadi pantangan untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki rasa yang pahit. Kandungan protein yang banyak di dalam daun katuk membuat makanan yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ibu yang sedang dalam masa menyusui, sangat membutuhkan protein yakni 20 g lebih bannyak jika dibandingkan dengan biasanya. Wanita normal membutuhkan 40 g protein setiap harinya, dan ketika dalam masa menyusui sang ibu membutuhkan protein 60 g setiap harinya. Nah, protein tersebut dapat tercukupi dengan mengkonsumsi daun katuk minimal sebanyak 100 g setiap harinya.

Sup

Tahukah Anda bahwa sup juga dapat dijadikan dalam memperbanyak produksi ASI Anda. tetapi bukan sembarangan sup dapat digunakan dalam memperbanyak ASI. Sup tersebut adalah seperti sup ayam, daging, serta ikan. Kuah sup tersebut dapat digunakan dalam penambah cairan tubuh. Daging ikan, ayam, dan lainnya dapat dijadikan sebagai penambah protein untuk tubuh ibu yang memang dalam masa menyusui sang buah hati. Sup pun dapat Anda lengkapi dengan sayuran-sayuran yang sehat. Dengan begitu akan memiliki berbagai vitamin serta mineral yang sangat baik untuk tubuh ibu yang sedang menyusui.

Bayam

Bayam sangat baik untuk makanan penambah ASI, karena terdapat zat besi di dalamnya. Tahukah Anda apa manfaat zat besi tersebut ? Zat besi sangatlah bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh sang ibu menyusui. Bukan hanya zat besi, di dalam bayam juga sangat kaya vitamin B6. Fungsi vitamin B6 adalah dapat meningkatnya daya tahan tubuh untuk bayi, salin itu ada juga nutrisi lainnya seperti vitamin K, E, C, A, protein, serta berbagai mineral seperti asam folat, magnesium, fosfor, kalium, thiamin, dan kalsium. Di dalam bayam juga terdapat enzim yang bernama phytoestrogens yang manfaatnya adalah dalam memproduksi ASI.

7. Jangan memakai botol atau dot

Saat usia bayi yang pertama dalam 6 bulan, bayi harus memperoleh asupan makanan dan minumnya dari ASI. Akan tetapi jika Anda menggunakan dot hal tersebut dapat mengakibatkan sibayi bingung yang manakah puting ibu. Terlebih lagi aliran yang ada pada dot lebih lancar dan kencang. Ditakutkan bayi akan menolak jika ibunya yang menyusui. Akibatnya akan mempersulitkan siibu untuk memproduksi ASI dan bahkan sampai berkurang dan berhenti.

8. Menjaga emosi

Mempunyai bayi memang banyak mengeluarkan tenaga yang ekstra, apalagi masih banyak tugas lainnya yang harus dikerjakan. Baik itu pekerjaan rumah tangga ataupun yang berkarir. Jika Anda merasa stres, hal ini akan mempengaruhi Anda dalam memproduksikan ASI karena hormon yang ada didalam tubuh akan terganggu dan terguncang. Dengan begitu ibu dapat meminta tolong kepada pasangan atau keluarga untuk dapat mengurus keperluan yang dibutuhkan. Serta meminta kepada teman kerja untuk dapat mengurus kerjaan Anda.

9. waktu tidur yang cukup

Memang sangatlah sulit untuk dilakukan, bayi akan sering terbangun tiba-tiba di malam hari. walau begitu Anda harus mengatur jadwal tidur. Dengan cara misal, jika bayi tidur Anda juga ikut tidur. Ataupun bisa mengurangi aktivitas dirumah maupun yang ada diluar.

10. Perbanyak dalam mengkonsumsi air mineral

Rutinlah dalam mencukupi kebutuhan air Anda, dengan begitu akan sangat membantu ASI untuk terus berproduksi dengan teratur. Bukan hanya air mineral saja, tetapi mengkonsumsi jus tanpa tambahan gula mulai dari sayuran dan buah-buahan akan dapat memperbanyak ASI.